Ayo Belajar Membuat Robot!

Mendengar kata ‘robot’ kebanyakan diantara kita mungkin menginterpretasikannya sebagai suatu alat serba canggih, berteknologi modern, dan serba otomatis. Pemikiran yang demikian tidaklah salah. Robot-robot canggih buatan negara Jepang seperti Ashimo (Pabrikan Honda) adalah salah satu contohnya. Robot tersebut mempunyai kemampuan berkomunikasi layaknya manusia. Pertanyaannya, bisakah kita merancang dan membuat robot sendiri? Bagaimana cara kita merancang dan membuat robot sendiri?

Kiranya, buah karya Taufiq Dwi Septian Suyadhi ini adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Buku setebal 576 halaman ini memang ditujukan untuk semua kalangan yang hendak belajar atau hobi membuat robot. Penulis mengutarakan pula bahwa buku ini dapat digunakan oleh para guru, dosen, atau pelatih sebagai buku panduan belajar ilmu robotika dan panduan pelatihan. Untuk para siswa atau mahasiswa yang ingin mengikuti kontes robot pengikut garis (line follower), pengikut cahaya (light follower) atau pun Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), buku ini dapat digunakan sebagai panduan awal dalam belajar robotika.

Penulis mengawali buku ini dengan memaparkan pengetahuan umum tentang robotika. Awal mula kata robot adalah robota (bahasa Czech) yang berarti pekerja. Wright Karel Capek adalah seorang yang pertama kali memperkenalkan istilah kata ‘robot’ dalam bahasa Inggris pada tahun 1921. Pada saat itu diadakan pergelaran sebuah drama dengan judul “Rossum’s Universal Robots” (RUR).

Banyak yang mengklasifikasikan berbagai jenis robot. Berdasarkan betuknya, ada robot berjenis turtle robot yang bentuknya mirip kura-kura (turtle), vehicle robot yang berupa kendaraan terprogram, rover robot yang bertugas sebagai robot penjelajah, walker robot atau robot berkaki, arm robot atau lengan robot yang biasa diaplikasikan di dunia industri, dan juga Android robot yang didesain menyerupai manusia.

Berdasarkan proses kendalinya, robot dibagi menjadi robot otomatis (automatic robot) dan robot teleoperasi (teleoperated robot). Robot otomatis dilengkapi dengan sensor dan piranti kendali otomatis. Robot ini mampu mendeteksi kondisi lingkungan sekitarnya dengan sensor yang mengirimkan sinyal masukan. Sinyal tersebut diolah dengan piranti kendali otomatis dan dikirim ke prosesor sebagai otak (pusat kendali) dari robot. Robot jenis ini menjadi dapat bergerak sendiri sesuai listing program yang telah diinstall di dalamnya. Sedangkan jenis robot teleoperasi akan bisa bergerak setelah menerima perintah atau sinyal masukan dari operator. Sinyal masukan tersebut biasanya dikirim secara manual baik melalui kabel ataupun tanpa kabel (wireless atau remote control).

Belajar membangun sebuah robot memang dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan khusus terutama dalam pemahaman di bidang-bidang tertentu. Sistem mekanik dan elektronik robot kiranya adalah fondasi utamanya. Penulis pun menyadari hal tersebut. Oleh karenanya, pembahasan tentang komponen dasar elektronika menjadi menu pertama yang disajikan dalam buku ini setelah pengenalan robotika secara umum. Gambar rangkaian skematik rangkaian elektronikanya sangat mendukung pemaparan buku ini. Gambar-gambar lain berupa foto tentang robot juga cukup memperkaya khasanah keilmuan robotika dalam buku ini. Praktis, buah karya dari alumnus Jurusan Teknik Elektro Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (S-1) sekaligus alumnnus Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti, Jakarta (S-2) ini merupakan buku yang sangat aplikatif dan tidak melulu teoritis.



Data Buku:
Judul Buku : BUKU PINTAR ROBOTIKA
                  (Bagaimana Merancang & Membuat Robot Sendiri)
Penulis      : Taufiq Dwi Septian Suyadhi
Penerbit    : CV. ANDI OFFSET (Penerbit ANDI), Yogyakarta
Terbitan    : Tahun 2010
Tebal        : xxxiv + 576 halaman
Harga        : Rp125.000







Resentator:
Ikhwan Taufik (Mahasiswa Teknik Mekatronika UNY)
Share this post :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. e-magz FLP13 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger