Tandem Writing


Bagi yang masih asing dengan kata tandem, tandem bisa diartikan pasangan. Dewasa ini banyak yang menggunakan kata tandem untuk menggambarkan dua kegiatan yang dilakukan secara bersamaan. Seperti penggunaan kata tandem untuk judul diatas.

Tandem writing artinya menulis dua hal dalam waktu yang sama. Apakah itu dua artikel, dua buku, dua cerpen, dua puisi dan lain sebagainya. Waktu yang sama disini diartikan pada periode yang sama. Bukan pada detik yang sama. Hal ini sering dilakukan oleh penulis-penulis yang sudah cukup handal. Tidak heran kalau ada beberapa penulis bisa menerbitkan dua buku sekaligus pada waktu yang hampir bersamaan. 

Trik tandem writing ini biasanya digunakan untuk mensiasati kebuntuan ide. Kebuntuan ide bisa terjadi salah satunya karena setiap hari selalu menulis satu tema. Misalnya ada penulis yang menulis novel dengan tema sejarah Jawa, mau tidak mau setiap hari dia bekutat dengan buku-buku yang menyangkut sejarah Jawa. Hal ini bisa memunculkan kebosanan.

Nah, untuk menghilangkan bosan, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan tandem writing. Bisa dengan menulis novel satu lagi dengan tema yang berbeda. Karena yang ditulis berbeda, maka asupan yang dibaca pun berbeda. Saat jenuh mengerjakan novel yang satu, bisa beralih ke novel yang satunya.

Mereka yang bisa berpikir dua hal dalam waktu yang sama akan diuntungkan dengan trik ini. Pertama menghilangkan kebosanan. Keuntungan kedua, ada dua karya yang saling berlomba untuk diselesaikan. Tapi untuk penulis yang terbiasa fokus dengan satu tema, trik ini tidak dianjurkan. Kalau pun ingin mencoba tandem, bukan tandem writing. Tapi bisa diganti dengan membaca buku yang temanya berbeda dengan tema yang sedang ditulis.

Berani Tandem Writing?

Saat ini pun saya sedang tandem writing

Senorita
Share this post :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Quotes

Selamat datang rekan PENULIS sekalian!

Mari biasakan menulis supaya KUALITAS tulisan kita semakin hari dapat semakin BAIK dan dikatakan "Layak di baca!" (/fiq)

Categories

Like This Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. e-magz FLP13 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger